Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab Sensitivitas

Apa yang dimaksud dengan Erosi Enamel?

Enamel adalah permukaan terluar gigi yang keras. Meskipun lebih keras daripada zat lain dalam tubuh, dari waktu ke waktu secara bertahap dapat terkikis dan membuka dentin di bawahnya, yang dapat menyebabkan sensitivitas gigi.

Erosi Enamel dapat disebabkan oleh:

Apa yang dimaksud dengan Erosi Enamel?

Menggeretakkan gigi (Bruxism)

Apakah Anda menggeretakkan gigi Anda, di malam hari atau siang hari? Jika demikian, enamel gigi Anda mungkin terkikis, yang dari waktu ke waktu dapat membuka dentin di bawahnya.

Menyikat gigi

Jika Anda menyikat gigi terlalu sering atau terlalu keras, enamel gigi anda dapat terkikis atau menyebabkan resesi gusi.

Untuk mencegah hal ini, mintalah saran dokter gigi  atau ahli kesehatan mengenai teknik menyikat gigi dan perawatan rutin kebersihan mulut yang terbaik untuk anda, dan coba gunakan sikat gigi berbulu lembut seperti sikat gigi Sensodyne Sensitive & Multi Action.

Erosi Asam

Dari waktu ke waktu, makanan dan minuman yang bersifat asam dapat menyebabkan terkikisnya enamel gigi Anda - hal ini disebut erosi asam. Makanan dan minuman yang bersifat asam termasuk buah dan jus buah, minuman berkarbonasi, kopi hitam atau teh, anggur, dan apa pun yang rasanya tajam seperti saus tomat atau saus salad. Hanya dengan empat kali  "kondisi berasam" sepanjang hari dapat menyebabkan risiko erosi asam pada enamel. Jika enamel gigi  Anda berisiko mengalami erosi asam, tanyakan kepada dokter gigi Anda:

  • Mintalah saran mengenai teknik menyikat gigi yang tepat dan perawatan rutin untuk kebersihan mulut yang terbaik untuk anda
  • Mintalah saran diet, cara terbaik untuk melindungi gigi anda dari erosi asam, Sikatlah gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluorida.

 

 

Petunjuk: dokter gigi Anda dapat melihat tanda-tanda awal erosi gigi sehingga penting untuk melakukan pemeriksaan rutin gigi Anda. Jika Anda berpikir bahwa anda mempunyai risiko erosi enamel, bicarakan dengan dokter gigi Anda.

MENGENAI SENSITIFITAS