Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab Sensitivitas

Apa penyebab gigi sensitif?

Hipersensitifitas dentin, atau gigi sensitif, adalah masalah gigi umum yang dapat berkembang dari waktu ke waktu sebagai akibat dari masalah yang umum seperti resesi gusi dan erosi enamel gigi. Kebanyakan penderita berusia antara 20 dan 50 tahun. Gigi sensitif mulai terjadi ketika bagian dalam gigi yang lebih lembut, yang disebut 'dentin', terbuka(terpapar dari luar). 

Ribuan kanal mikroskopis melintasi dentin menuju bagian tengah gigi apabila dentin menjadi terbuka, pemicu eksternal (seperti minuman dingin) dapat merangsang saraf di dalam gigi, yang menyebabkan rasa ngilu yang singkat dan tiba-tiba, yang juga merupakan karakteristik gigi sensitif.

 

Apa penyebab Gigi Sensitif?

Hanya dokter gigi yang dapat memastikan apakah Anda memiliki hipersensitifitas dentin, atau gigi sensitif. Jika Anda mengalami masalah gigi,  berkonsultasilah dengan dokter gigi untuk meminta saran. Jika ternyata Anda memiliki hipersensitifitas dentin, Anda dapat meringankan rasa ngilu akibat gigi sensitif dengan membuat beberapa perubahan sederhana dalam perawatan kesehatan mulut Anda.

Berikut adalah beberapa penyebab gigi sensitif:

  • Erosi enamel misalnya, dapat terjadi sebagai akibat dari  menggeretakkan gigi atau menyikat gigi terlalu sering.
  • Resesi gusi (penurunan gusi) dapat terjadi sebagai akibat dari penyakit gusi atau menyikat gigi yang terlalu kuat/keras.

Gigi sensitif yang dialami selama dan setelah perawatan pemutihan gigi (bleaching) berbeda dari hipersensitifitas dentin. Lihat artikel 'Apakah perawatan pemutihan gigi menyebabkan gigi sensitif?' untuk informasi lebih lanjut.

MENGENAI SENSITIFITAS