Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab Sensitivitas

Kesehatan Gusi dan Gigi Sensitif

Gusi yang sehat sangat penting bagi kesehatan gusi. Resesi gigi(Penurunan Gusi) merupakan salah satu penyebab utama gigi sensitif. Menyikat gigi yang terlalu sering dan terlalu keras, menyebabkan penyakit gusi jangka panjang bahkan penuaan dapat menyebabkab resesi gusi. Saat gusi surut/turun, dentin di bawahnya dari waktu ke waktu secara bertahap akan terbuka(terpapar dari luar).

Kesehatan Gusi dan Sensitivitas

Apakah Perawatan Pemutihan Gigi Menyebabkan Gigi Sensitif?

Gigi sensitif yang dialami selama dan setelah perawatan pemutihan profesional dari ahli/dokter berbeda dari hipersensitifitas dentin. Hipersensitifitas dentin adalah kondisi gigi yang umum dan menyakitkan yang dapat terjadi bila dentin gigi terbuka (biasanya sebagai akibat dari resesi gusi atau erosi enamel). Namun, dalam kasus perawatan pemutihan gigi, komponen pemutih yang digunakan diyakini menembus gigi, yang menyebabkan gigi sensitif.

Studi klinis menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung potasium nitrat dapat mengurangi gigi sensitif yang terkait dengan prosedur pemutihan profesional. Dalam studi ini, subyek yang menggunakan Sensodyne dengan potasium nitrat dua minggu sebelum dan selama perawatan pemutihan mempunyai tingkat gigi sensitif pasca perawatan yang lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan pasta gigi berfluorida biasa (dan tidak mengandung potasium nitrat).

Bicarakan dengan dokter gigi anda tentang gigi sensitif terkait perawatan pemutihan jika anda mempertimbangkan melakukan perawatan pemutihan gigi oleh profesional.

Apakah Perawatan Pemutihan Gigi Menyebabkan Sensitivitas?

MENGENAI SENSITIFITAS