Pertanyaan Umum

Pertanyaan Umum mengenai gigi sensitif

  • Hipersensitifitas dentin, atau gigi sensitif, adalah masalah gigi yang umum, yang terjadi ketika dentin, yaitu bagian dalam gigi menjadi, terbuka. Ini adalah kondisi yang dapat berkembang dari waktu ke waktu, sebagai akibat dari masalah umum seperti resesi gusi dan terkikisnya enamel gigi.

    Apa penyebab Gigi Sensitif?

  • Gigi sensitif mulai terjadi ketika bagian dalam gigi yang lebih lembut, yang disebut 'dentin' terbuka. Dentin terletak di bawah enamel dan gusi. Ribuan kanal mikroskopis melintasi dentin menuju pusat gigi. Saat dentin terbuka, pemicu eksternal (seperti minuman dingin) dapat merangsang saraf di dalam gigi, yang menyebabkan rasa ngilu yang tiba-tiba yang merupakan karakteristik gigi sensitif.
    Lihat Apa Saja Penyebab Gigi Sensitif untuk mengetahui lebih lanjut

    Apa penyebab Gigi Sensitif?  

  • Bicarakan dengan dokter gigi anda tentang gejala yang anda alami. Mereka dapat memastikan bahwa gigi sensitif adalah penyebab masalah anda dan kemudian menyarankan anda tentang cara merawat gigi sensitif, misalnya, bagaimana teknik menyikat gigi yang terbaik untuk anda, seberapa sering dan kapan. Selain itu, anda dapat meringankan gejala ngilu gigi sensitif dengan mengganti pasta gigi anda dengan pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk mengobati gigi sensitif, seperti Sensodyne.      

    Lihat Perawatan Mulut yang Berkelanjutan untuk Gigi Sensitif untuk mengetahui lebih lanjut

  • Berbagai hal dapat memicu rasa sakit atau ngilu pada penderita gigi sensitif. Berikut beberapa pemicu yang paling umum untuk gigi sensitif:

    • Makanan atau minuman dingin
    • Makanan atau minuman panas
    • Makanan manis
    • Makanan asam
    • Bernafas di udara dingin
    • Menyikat gigi

    Lihat Pemicu Umum Gigi Sensitif untuk mengetahui lebih banyak.

  • Ya. Gigi sensitif diderita oleh 1 dari 3 orang, bahkan orang dewasa muda. Kebanyakan penderita berusia antara 20 dan 50 tahun.

  • Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab selain gigi sensitif. Jadi jika gigi anda sakit atau anda merasa tidak nyaman, terutama jika berlangsung terus-menerus, hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah mengunjungi dokter gigi dan mencari nasihat profesional.   

    Lihat Penyebab Lain sensitifitas untuk mengetahui lebih banyak  

  • Menyikat gigi terlalu kuat atau lebih sering dari anjuran dokter gigi anda dapat menyebabkan resesi gusi dan erosi enamel. Seiring berjalannya waktu, resesi gusi dan erosi enamel dapat menyebabkan terbukanya dentin dan memicu gigi sensitif.

    Lihat Penyebab Lain sensitifitas untuk mengetahui lebih lanjut.

  • Pemutihan gigi di sini berarti perawatan untuk memutihkan gigi yang dilakukan di bawah pengawasan dokter gigi anda. Perawatan ini menggunakan zat pemutih (peroksida), yang diketahui menyebabkan gigi sensitif pada beberapa pasien. Hal ini tidak sama dengan hipersensitifitas dentin, yang terjadi sebagai akibat dari terbukanya dentin (bagian dalam gigi yang lembut). Bicarakan dengan dokter gigi anda tentang sensitifitas yang terkait dengan penggunaan zat pemutih jika anda mempertimbangkan untuk melakukan perawatan pemutihan gigi.

    Lihat apakah Perawatan Pemutihan Gigi Menyebabkan sensitifitas untuk informasi lebih lanjut.

Pertanyaan umum mengenai erosi asam

  • Terkikisnya enamel, yang disebabkan oleh asam dalam makanan kita, disebut "Erosi Asam." Hanya dengan empat kali  "kondisi berasam" sepanjang hari dapat menyebabkan risiko erosi asam pada enamel. Jika enamel gigi  anda berisiko mengalami erosi asam, tanyakan kepada dokter gigi anda mengenai masalah ini,  mintalah saran diet, cara terbaik untuk mengkonsumsi banyak makanan dan minuman asam dalam makanan modern dan perawatan rutin untuk kebersihan mulut yang terbaik untuk anda.

  • Seiring waktu, makanan dan minuman yang bersifat asam dapat menyebabkan terkikisnya enamel gigi anda. Makanan dan minuman yang bersifat asam termasuk buah dan jus buah, minuman berkarbonasi, kopi hitam atau teh, anggur dan apa pun yang rasanya tajam, seperti saus tomat atau saus salad. Untuk membantu melindungi gigi anda terhadap erosi asam, bicarakan dengan dokter gigi anda dan gunakan pasta gigi berfluorida khusus yang dikembangkan untuk orang yang berisiko mengalami erosi asam. Mintalah saran diet dan perawatan rutin kebersihan mulut yang terbaik untuk anda serta cara terbaik mengkonsumsi makanan dan minuman asam dalam kuliner modern  kepada dokter gigi anda.

  • Ya. Erosi asam dapat menyebabkan terkikisnya enamel. Enamel adalah lapisan luar gigi yang keras. Meskipun lebih keras daripada zat lain dalam tubuh, dengan berjalannya waktu enamel dapat secara bertahap menjadi aus dan membuka apisan dentin di bawahnya, yang dapat menyebabkan gigi sensitif..

Pertanyaan Umum mengenai pasta gigi untuk gigi sensitif

Sikat gigi Sensodyne